Pengaruh Lama Perendaman Benih Dalam Larutan Asam Sulfat Terhadap Perkecambahan dan Pertumbuhan Bibit Sawo Kecik (Manilkara kauki (L.) Dubard)

Yuni Iksanto, Bambang Sutikno, A. Zainul Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama perendaman benih dalam larutan asam sulfat terhadap perkecambahan dan pertumbuhan bibit sawo kecik. Penelitian dilaksanakan di lahan pekarangan pada ketinggian ± 8 m dpl yang bertempat di desa Tinggar Buntut, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto. Penelitian dilaksanakan pada bulan April - Agustus 2014.

Penelitian menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan lama perendaman benih dalam larutan asam sulfat yang terdiri atas empat taraf yang diulang enam kali yaitu; P0: tanpa perendaman, P1: perendaman selama 5 menit, P2: perendaman selama 10 menit dan P3: perendaman selama 15 menit.

Hasil penelitian menunjukkan perlakuan perendaman benih selama 15 menit dalam larutan asam sulfat dengan konsentrasi 80% mampu meningkatkan perkecambahan dan pertumbuhan bibit yang lebih tinggi pada semua parameter pengamatan. Perlakuan perendaman benih sawo kecik pada larutan asam sulfat selama 15 menit mempunyai bobot kering paling besar yaitu 0,28 g bibit-1, perendaman selama 10 menit mempunyai bobot kering 0,23 g bibit-1, perendaman selama 5 menit mempunyai bobot kering 0,22 g bibit-1 dan bobot kering tanpa perendaman menunjukkan bobot sebesar 0,19 g bibit-1.


Keywords


asam sulfat; benih; lama perendaman; sawo kecik

References


Darmawan, Januar dan Y. Baharsyah. 1982. Fisiologi Tanaman Perkebunan. IPB. Bogor. 40 Hal.

Dwijoseputro. 1994. Pengantar Fisologi Tumbuhan. Gramedia. Jakarta. 232 hal.

Fahmi, Z.I. 2012. Studi Perlakuan Pematahan Dormansi I Benih dengan Skarifikasi Mekanik dan Kimia. Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan. Surabaya.

Isbandi. 1998. Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman. UGM Press. Jogjakarta.

Lakitan, B. 2008. Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan. Raja Grafindo Perkasa. Jakarta.

Sidiyasa, K. 1998. Mengenal Flora Langka Sawokecik (Manilkara kauki L. Dubard). Info Hutan.No.106. Pusat Penelitian Hutan. Bogor.

Suyatmi, E.D., Hastuti, dan S. Darmanti, 2006. Pengaruh Lama Perendaman dan Konsentrasi Asam Sulfat Terhadap Perkecambahan Benih Jati. UNDIP.

Undang. 2010. Pengaruh Konsentrasi ZPT Atonik dan Lama Perendaman Benih Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Jati. J. Media Pertanian 2(2):90-100.

Wijaya, K. A. 2008. Nutrisi Tanaman. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Yuniarti, N. 2012. Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan Sawo Kecik (Manilkara kauki L. Dubard). BPTPTH. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JAMP Universitas Merdeka Pasuruan





Editorial Office:

Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Pasuruan
Jl. Ir. H. Juanda No.68, Tapaan, Kec. Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67129

Website: https://jamp-jurnal.unmerpas.ac.id/index.php/jamppertanian/index




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats