Karakterisasi Beberapa Genotip Sorgum (Sorghum bicolor L.) Lokal Jawa Timur

M. Jefri Setiyagama, A. Zainul Arifin, Sulistyawati Sulistyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter beberapa genotip sorgum lokal Jawa Timur. Penelitian dilakukan di Desa Kebotohan, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan pada ketinggian 50 m dpl dengan jenis tanah vertisol. Suhu rata-rata 30oC – 37oC dengan curah hujan rata-rata 50 mm/bulan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni – Agustus 2017. Penelitian ini disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan perlakuan empat genotip lokal tanaman sorgum yang diulang enam kali. Empat genotip tersebut adalah; G1: Genotip sorgum lokal Pasuruan, G2: Genotip sorgum lokal Tulungagung, G3: Genotip sorgum lokal Lamongan dan G4: Genotip sorgum lokal Sampang.

Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada karakter kualitatif malai sorgum, demikian juga komponen pertumbuhan vegetatif antara genotip-genotip yang diamati. Perbedaan hanya terjadi pada tinggi tanaman genotip Tulungagung dan luas daun genotipe Lamongan. Perbedaan genotipe sorgum dapat dikenali lebih jelas pada fase generatif, yaitu umur berbunga, umur panen, bobot biji malai-1, bobot 1000 biji dan produksi ha-1.


Keywords


genotip lokal; karakterisasi; sorgum

References


Elvira, S. D, M. Yusuf, dan Mayuslina. 2015. Karakter agronomi beberapa varietas sorgum pada lahan marginal di Aceh utara.

Gardner, F.P., R.B. Pearce dan R.L. Mitchell. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Universitas Indonesia-Press. Jakarta. 428 hal.

Kusumawati, A., N.E. Putri dan I. Suliansyah. 2013. Karakterisasi dan Evaluasi Beberapa Genotipe Sorgum (Sorghum bicolor L.) di Sukarami Kab. Solok. J. Agroteknologi. 4 (1): 7-12.

Litbang. 2014. Balai Penelitian Tanaman Serelia. http://pangan.litbang.pertanian.go.id/berita-520-sorgum-untuk-pangan-dan-bioetanol-.html.(diakses pada tanggal 17 Maret 2017)

Nasaruddin. 2010. Dasar-dasar Fisiologi Tumbuhan. Penerbit Yayasan Forest Indonesia dan Fakultas Pertanian Unhas. Makassar.

Pujiono. 2012. Dasar Agronomi, Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman. Fakultas Pertanian Agroteknologi. Universitas Negeri Jambi. http://www.sumberajaran.com/2012/11/faktor-lingkungan-yang mempengaruhi.html.

Simatupang, S. 1997. Pengaruh Pemupukan Boraks terhadap Pertumbuhan dan Mutu Kubis. J. Hortikultura 6 (5): 456-469.

Suarni dan Firmansyah I. U. 2005. Struktur, Komposisi Nutrisi dan Teknologi Pengolahan Sorgum. Balai Penelitian Tanaman Serelia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JAMP Universitas Merdeka Pasuruan





Editorial Office:

Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Pasuruan
Jl. Ir. H. Juanda No.68, Tapaan, Kec. Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67129

Website: https://jamp-jurnal.unmerpas.ac.id/index.php/jamppertanian/index




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats