PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor, L.) DENGAN BERBAGAI JENIS PUPUK KANDANG

Sasi Pestarini, Sri Ustanti Wahyuningsih, Sri Hariningsih Pratiwi

Abstract


Sorgum merupakan tanaman serealia yang potensial untuk dibudidayakan dan dikembangkan, khususnya pada daerah-daerah marginal dan kering di Indonesia. Sorgum merupakan salah satu komoditi yang diharapkan menjadi bahan pangan alternatif untuk mengurangi kebutuhan beras nasional. Produksi sorgum di Indonesia masih sangat rendah, bahkan secara umum produk sorgum belum banyak tersedia di pasar sehingga upaya untuk meningkatkan produksi sorgum perlu dikembangkan salah satunya dengan pemberian jenis pupuk kandang yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pupuk kandang yang tepat agar diperoleh pertumbuhan dan hasil tanaman sorgum yang optimal. Penelitian ini dilaksanakan di lahan Desa Kawisrejo, Kec. Rejoso Kab. Pasuruan dengan ketinggian ± 4 m dpl dengan pH tanah ± 6 – 6,5 pada bulan Juli – Oktober 2013.

Penelitian terdiri dari empat perlakuan yaitu pupuk an-organik dengan dosis sesuai rekomendasi (kontrol) (P0), pupuk kandang ayam dengan dosis 10 ton ha-1 (P1), pupuk kandang kambing dengan dosis 10 ton ha-1 (P2) dan pupuk kandang sapi dengan dosis 10 ton ha-1 (P3) yang disusun menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dan masing – masing diulang enam kali.

Hasil penelitian menunjukkan produksi sorgum tertinggi terdapat pada perlakuan pemberian pupuk kandang ayam dengan hasil sebesar 2,83 ton.ha-1, diikuti pemupukan kandang sapi sebesar 2,79 ton.ha-1, pemupukan kandang kambing dengan hasil sebesar 2,65 ton.ha-1 dan hasil terendah pada tanaman kontrol tanpa pupuk kandang sebesar 2,50 ton.ha-1.

 

Kata kunci: sorgum, pupuk kandang


References


Anonymous. 2010. Teknologi budidaya Sorgum.

www.distan.pemdadiy.go.id/images/stories/Teknologi/sorgum.pdf

______. 2011. Kebun Penghasil Bensin. www.trubusonline.com. diakses tanggal 12 Pebruari 2013.

Hendarsin, M dan Srijono. 2002. Pupuk Organik. PT. Balai Pustaka. Jakarta.

Irwan, A. W., A. Wahyudin.,R. Susilawati dan T. Nurmala. 2005. Interaksi Jarak Tanam dan Jenis Pupuk Kandang Terhadap Komponen Hasil dan Kadar Tepung Sorghum (Sorghum tricolor Linn. Moench) pada Inseptisol di Jatinangor MH 2004. J.Kultivasi 4 (2) : 128 – 136.

Jumin, H.B. 2005. Dasar – dasar Agronomi. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta. 250 hal.

Mudjisihono, R dan Suprapto. 1987. Budidaya dan Pengolahan Sorgum. Penebar Swadaya. Jakarta. 91 hal.

Muryani. 1999. Budidaya Tanaman Jagung. Balai Informasi Penelitian Bengkulu.http://digilib.uns.ac.id/pengguna.php?mn=showview&id.

Subroto. 2009. Pemberian Pupuk Kotoran Ayam Dapat Memperbaiki Struktur Tanah. http://fidiaja.blogspot.com/2011/.../manfaat-kotoran-ayam-sebagaibahan.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.