Pengaruh Kombinasi Pemangkasan dan Pembumbunan Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum L.)

Dwi Agustin Rosalina, Sulistyawati Sulistyawati, Sri Hariningsih Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi pemangkasan dan pembumbunan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat. Penelitian dilaksanakan di lahan pekarangan Dusun Joyomulyo Desa Kedawung kulon Grati - Kabupaten Pasuruan dengan ketinggian ± 4 mdpl, pada bulan Juli - September 2018. Suhu rata-rata 28oC – 33oC.

Penelitian disusun menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan kombinasi perlakuan; tanpa pemangkasan dan tanpa pembumbunan (A1), tanpa pemangkasan dan dibumbun 10 cm (A2), tanpa pemangkasan dan dibumbun 20 cm (A3), dipangkas dan tanpa pembumbunan (A4), dipangkas dan dibumbun 10 cm (A5) dan dipangkas dan dibumbun 20 cm (A6).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik budidaya pemangkasan dan pembumbunan memberikan hasil lebih tinggi pada perlakuan dipangkas dan dibumbun 20 cm dengan hasil 50,44 ton ha-1 dan tidak berbeda nyata dengan perlakuan dipangkas dan dibumbun 10 cm dengan hasil 40,14 ton ha-1. Perlakuan tanpa pemangkasan dan tanpa pembumbunan memberikan hasil lebih rendah yaitu sebesar 21,37 ton ha-1.


Keywords


hasil; pemangkasan; pembumbunan; tomat; yield; pruning; pilled; tomato

Full Text:

PDF

References


BPS. 2013. Statistika Kabupaten Pasuruan. https://pasuruankab.bps.go.id/statictable/2015/01/01/122/luas-panen-dan-produksi-sayur-.html. Diakses 20 Oktober 2018.

Ara; N.; M.K. Bashar; S. Begum; S.S. Kakon. 2007. Effect of Spacing and Stem Prunning on The Growth And Yield of Tomato. Int. J. Sustain. Crop. Prod.2(3):35-39.

Cahyono; B. 1998. Tomat Usaha Tani dan Penanganan Pasca Panen. Kanisius. Yogyakarta.

Gernawi; Y. 1996. Hasil Tanaman Melon (Cucumis melo L.) pada Berbagai Takaran Pupuk NPK dan Pemangkasan. Laporan Penelitian. Balai Penelitian Universitas Jambi. Jambi.

Goldsworthy; P. R. dan N. M. Fisher. 1984. Fisiologi Tanaman Budidaya Tropik. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Isdarmanto. 2009. Pengaruh Macam Pupuk Organik dan Konsentrasi Pupuk Daun Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.) dalam Budidaya Sistem Pot. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Mangera; Y.; 2013. Analisis Pertumbuhan Tanaman Gandum pada Beberapa Kerapatan Tanaman dan Imbangan Pupuk Nitrogen Anorganik dan Nitrogen Kompos.

Puspadewi; S.; W.; Sutari; Kusumiyati. 2016. Pengaruh Konsentrasi Pupuk Organik Cair (POC) dan Dosis Pupuk N; P; K terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays L. var Rugosa Bonaf) Kultivar Talenta. J. Kultivasi. 15 (3).

Richardson; K.V. A. 2012. The Effect of Pruning Versus Non-Pruning on Quality and Yield of Staked Fresh Market Tomatoes. Gladstone Road Agriculture Centre Crop Research Report. No. 1. Nassau; Bahamas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAMP Universitas Merdeka Pasuruan





Editorial Office:

Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Pasuruan
Jl. Ir. H. Juanda No.68, Tapaan, Kec. Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67129

Website: https://jamp-jurnal.unmerpas.ac.id/index.php/jamppertanian/index




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats