RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS KEDELAI HITAM (Glycine soya Benth) TERHADAP VARIASI JARAK TANAM

Dewi Mas’ula, Retno Tri Purnamasari, Sri Hariningsih Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan hasil dua varietas kedelai hitam terhadap variasi jarak tanam. Penelitian dilaksanakan di Desa Kebotohan Kec. Kraton Kab. Pasuruan pada ketinggian 50 mdpl dengan jenis tanah vertisol. Suhu rata-rata 29ï‚°C-37ï‚°C dengan curah hujan rata-rata 50 mm per bulan pada bulan April - Juli 2017.

Penelitian ini disusun secara faktorial. Faktor pertama adalah varietas kedelai hitam yaitu varietas Detam 3 Prida dan varietas Detam 4 Prida. Faktor kedua adalah jarak tanam yaitu jarak tanam 40 cm x 10 cm, jarak tanam 40 cm x 15 cm dan jarak tanam 40 cm x 20 cm. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang masing-masing kombinasi perlakuan diulang sebanyak empat kali.

Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara perlakuan varietas dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil dua varietas kedelai hitam pada semua parameter pengamatan. Hasil perlakuan dua varietas menunjukkan tidak berbeda nyata sedangkan pada perlakuan jarak tanam, hasil tertinggi pada jarak tanam 40 cm x 10 cm sebesar 3,64 ton ha-1, diikuti jarak tanam 40 cm x 15 cm sebesar 2,64 ton ha-1 serta hasil terendah pada jarak tanam 40 cm x 20 cm sebesar 2,33 ton ha-1.

Kata kunci: hasil, jarak tanam, kedelai hitam, varietas


Full Text:

PDF

References


Adisarwanto. 2006. Budidaya dengan Pemupukan yang Efektif dan Pengoptimalan Peran Bintil Akar Kedelai. Penebar Swadaya. Jakarta.

Fitter, A.H dan R.K.M. Hay. 1992. Fisiologi Lingkungan Tanaman. Gadja Mada University Press. Yogyakarta.

Harjadi. 1991. Pengantar Agronomi. PT Gramedia. Jakarta.

Hidayat, N. 2008. Pertumbuhan dan Produksi Kacang Tanah (Aracis hipogea L.) Varietas Lokal Madura pada Berbagai Jarak Tanam dan Dosis Pupuk Fosfor. J. Agrovigor. 1(1): 55-64.

Jumin, H. B. 2005. Dasar-Dasar Agronomi. Edisi Revisi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mawarni, L. 2011. Kajian Awal Varietas Kedelai Tahan Naungan untuk Tanaman Sela pada Perkebunan Kelapa Sawit. J. Ilmu Pertanian Kultivar. 5(2):54-59.

Naibaho, K. 2006. Pengaruh Jarak Tanam dan Pemupukan N Lewat Daun terhadap Pertumbuhan dan Produksi Kedelai pada Budidaya Jenuh Air. Skripsi.Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Pangli, M. 2014. Pengaruh Jarak Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine max L. Merrill). J. AgroPet. 11(1): 1–8.

Putri, N.C.L., Lutfi A.M.S dan Syafrudin I. 2013. Pengaruh Pertumbuhan Vegetatif beberapa Varietas Kedelai Hitam dengan Pemberian Vermikompos pada Tanah Masam. J. Online Agroteknologi. 2 (1) : 47-53.

Rahardi. 1993. Agribisnis Tanaman Sayur. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rasyid, H. 2013. Peningkatan Produksi dan Mutu Benih Kedelai Varietas Hitam Unggul Nasional sebagai Fungsi Jarak Tanam dan Pemberian Dosis Pupuk P. J. Gamma. 8 (2): 46-63.

Rukmana, R dan H.Yudirachman. 2013. Raup Untung Bertanam Kedelai Hitam. Lili Publisher. Yogyakarta.

Sadjad, S. 1993. Kuantifikasi Metabolisme Benih. Gramedia. Jakarta.

Sitompul,S. M. dan B. Guritno. 1991. Analisa Pertumbuhan Jilid I. Diktat Kuliah. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Sitompul,S.M. dan B. Guritno. 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Suhaeni, N. 2007. Petunjuk Praktis Menanam Kedelai. Nuansa. Bandung.

Supriyadi, H., Syrahmat dan Komarudin. 1986. Tumbuh Respon Kacang Tanah terhadap Kerapatan Populasi dan Zat Penghambat. Seminar Hasil Penelitian Tanaman Pangan. Palawija. Balai Penelitian Tanaman Pangan. (I) :160- 165. Bogor

Susilo, E. 2004. Penerapan Sisten Budidaya dan Cara Pengendalian Gulma pada Kedelai (Glicine max L. Merril) dan Padi (Oryza sativa L.) dalam Pola Tumpangsari. Tesis. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.

Sutopo, L. 2008. Teknologi Benih. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Yusuf, M., Fauzan Z dan F.S. Jamin. 2015. Respon Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine max L.) Pada Variasi Jarak Tanam dan Kombinasi Pupuk Organik dan Anorganik. Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.