Pengaruh Kombinasi Bakteri Endofit dan Nitrogen Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) Varietas Samhong King

Kuni Zakiya, Sulistyawati Sulistyawati, Retno Tri Purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi bakteri endofit dalam menekan penggunaan nitrogen terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi. Penelitian dilaksanakan di Desa Purutrejo Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan dengan ketinggian tempat ± 14 mdpl pada bulan September-November 2018. Penelitian terdiri dari perlakuan pemberian nitrogen 200 kg ha-1, perlakuan pemberian bakteri endofit 10 ml dengan nitrogen sebanyak 175 kg ha-1, perlakuan pemberian bakteri endofit sebanyak 20 ml dengan nitrogen 175 kg ha-1, perlakuan pemberian bakteri endofit 10 ml dengan nitrogen sebanyak 150 kg ha -1, perlakuan pemberian bakteri endofit 20 ml dengan nitrogen sebanyak 150 kg ha-1. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang masing-masing kombinasi perlakuan diulang lima kali.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh nyata pemberian bakteri endofit yang dikombinasikan dengan nitrogen anorganik dalam menekan penggunaan nitrogen anorganik pada tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, bobot kering bagian atas tanaman, bobot kering bagian bawah tanaman dan bobot segar sawi tanaman-1. Kombinasi pemberian bakteri endofit sebanyak 10 ml yang dikombinasikan dengan nitrogen sebanyak 150 kg ha-1 memberikan bobot sawi tertinggi yaitu sebesar 0,59 kg tanaman-1 yang berbeda nyata dengan perlakuan lainnya. Bobot sawi terendah terdapat pada perlakuan yang menggunakan nitrogen 200 kg ha-1 sebesar 0,21 kg tanaman-1.


Keywords


Endofit; nitrogen; hasil; sawi; anorganik; Endophytic; nitrogen; result; mustard greens; anorganic

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Jawa Timur. Tersedia : https://jatim.bps. go.id/ statictable/2018/02/07/879/indeks-berantai-produksi-sayuran-dan-buahbuahansemusim-di-jawa-timur-2009-2016.html.

Bilman, S.W. 2001. Analisis Pertumbuhan Jagung Manis (Zea mays) Pergeseran Komposisi Gulma pada Beberapa Jarak Tanam. J. Ilmu Ilmu Pertanian Indonesia. 3(1).

Dewi, A. K. dan M. R. Setiawati. 2017. Pengaruh Pupuk Hayati Endofitik dengan Azolla Pinnata Terhadap Serapan N, N-Total Tanah dan Bobot Kering Tanaman Padi (Oryza sativa L.) pada Tanah Salin. Agrologia. 6 (2) : 54-60.

Elsafiana, M. dan I. Wahyudi. 2017. Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Putih (Brassica pekinensis L.) terhadap Pemberian Berbagai Dosis Pupuk Kandang Sapi. e-JAgrotekbis. 5 (4).

Gusmaini, S. A. Aziz, A. Munif, D. Sopandie dan N. L. Bermawie. 2013. Potensi Bakteri Endofit dalam Upaya Meningkatkan Pertumbuhan, Produksi dan Kandungan Andrografolid pada Tanaman Sambiloto. J. Littri. 19 (4) : 167-177.

Herlina, L., K. K. Pukan, dan D. Mustikaningtyas. 2016. Kajian Bakteri Endofit Penghasil IAA (Indole Acetic Acid) untuk Pertumbuhan Tanaman. J. Sains dan Teknologi.14 (1).

Purnamasari, R.T. 2018. Dampak Aplikasi Bakteri Endofit Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogeae L.). Gontor Agrotech Science J. 4 (1).

Kalay, A. M., R. Hindersah, A. Talahaturuson dan A. F. Langoi. 2016. Efek Pemberian Pupuk Hayati Konsorsium Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica juncea L.). J. Agroekotek. 8 (2): 131-138.

Latarang, B dan A. Syakur. 2006. Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) pada Berbagai Dosis Pupuk Kandang. J.Agroland. 13 (3).

Melani, D. S. Saribun dan M. R. Setiawati. 2017. Pengaruh Bakteri Endofitik dan Azolla Pinnata terhadap Populasi Bakteri Endofitik, Kandungan N dan Bobot Kering P Padi (Oryza Sativa L.) Pada Tanah Bersalinitas. Sumedang.

Miliute, I., et al. 2015. Bacterial endophytes in agricultural crops and their role in stress tolerance: a review.Zemdirbyste-Agriculture. 102 (4).

Syarif, Sukmawati dan M. Flanning. 2013. Analisis Kandungan ?-Karoten Pada Jenis Sawi Putih (Brassica pekinensia L.) dan Jenis Sawi Hijau (Brassica Juncea L. coss) Secara Spektrofotometri UV-VIS. As-Syifaa05 (01):55-61.

Setiawati, M. R., P. Suryatmana dan D. Herdiyantoro. 2015. Isolation and Bioassay Screening of Biofertilizer Diazotroph Bacteria from Paddy Field. Academic Journal of Science.

Sitompul S.M. dan Bambang Guritno. 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Hal 88-216.

Suriaman, E. 2010. Potensi Bakteri Endofit dari Akar Tanaman Kentang (Solanum tuberosum) dalam Memfiksasi N2 di Udara dan Menghasilkan Hormon IAA (Indole Acetid Acid) secara In Vitro. Skripsi. Malang.

Tamba, L. N., D. Gustomo dan Y. Nuraini. 2016. Pengaruh Aplikasi Bakteri Endofit Penambat Nitrogen dan Nitrogen Terhadap Serapan Nitrogen Serta Pertumbuhan Tanaman Tebu. J. Tanah dan Sumberdaya Lahan. 3 (2): 339-344.

Wardani, K. et al. 2009. Kajian Aplikasi Bakteri Endofit Diazotrof pada Tebu (Saccharum officinarum L.) Varietas Ps 851 dan Ps 864. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan dan Penerapan MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JAMP Universitas Merdeka Pasuruan





Editorial Office:

Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Pasuruan
Jl. Ir. H. Juanda No.68, Tapaan, Kec. Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67129

Website: https://jamp-jurnal.unmerpas.ac.id/index.php/jamppertanian/index




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats