Evolusi teknologi pertanian

Yudi Anto

Abstract


Inovasi lebih penting dalam pertanian modern daripada sebelumnya. Industri sebagai keseluruhan menghadapi tantangan besar, dari meningkatnya biaya persediaan, kekurangan tenaga kerja, dan perubahan preferensi konsumen untuk transparansi dan keberlanjutan. Ada peningkatan pengenalan dari perusahaan pertanian yang solusi dibutuhkan untuk tantangan ini. Dalam 10 tahun terakhir, Teknologi Pertanian telah melihat pertumbuhan besar dalam investasi ,dengan $ 6,7 milyar yang diinvestasikan dalam 5 tahun terakhir dan $ 1,9 miliar dalam setahun terakhir. Teknologi utama inovasi di ruang angkasa telah difokuskan di sekitar daerah-daerah seperti vertikal pertanian, otomatisasi dan robotika, teknologi rumah kaca, praktek rumah kaca modern, presisi pertanian dan kecerdasan buatan, dan blockchain.


Pertanian Vertikal Indoor

Teknologi pertanian baru di pertanian Modern 1

Pertanian vertikal Indoor dapat meningkatkan hasil panen, mengatasi daerah tanah yang terbatas, dan bahkan mengurangi dampak pertanian pada lingkungan dengan mengurangi jarak perjalanan dalam rantai pasokan. Indoor pertanian vertikal dapat didefinisikan sebagai praktek produksi tumbuh ditumpuk satu di atas yang lain dalam lingkungan tertutup dan terkendali. Dengan menggunakan rak-rak tumbuh secara vertikal, secara signifikan mengurangi jumlah ruang tanah diperlukan untuk tumbuh tanaman dibandingkan dengan metode pertanian tradisional. Pertumbuhan jenis ini sering dikaitkan dengan kota dan pertanian perkotaan karena kemampuannya untuk berkembang dalam ruang terbatas. Pertanian vertikal yang unik dalam beberapa setup tidak membutuhkan tanah untuk tanaman untuk tumbuh. Kebanyakan dari hidroponik, dimana sayuran tumbuh dalam mangkuk padat nutrisi air, atau Aeroponik, dimana akar tanaman itu secara sistematis disemprotkan air dan nutrisi. Sebagai pengganti sinar matahari alam, cahaya tumbuh buatan digunakan.

Ladang vertikal menggunakan hingga 70% kurang air dari peternakan tradisional.

Dari pertumbuhan perkotaan untuk memaksimalkan hasil tanaman dengan mengurangi biaya tenaga kerja, keuntungan dari pertanian vertikal indoor terlihat. Pertanian vertikal bisa mengontrol variabel seperti ringan, kelembaban, dan air untuk ukuran sepanjang tahun, meningkatkan produksi makanan dengan panen yang dapat diandalkan. Pengurangan air dan penggunaan energi optimisasi energi konservasi-vertikal peternakan menggunakan sampai 70% kurang air dari pertanian tradisional. Tenaga kerja juga sangat dikurangi dengan menggunakan robot untuk menangani panen, menanam, dan logistik, memecahkan tantangan pertanian wajah dari kekurangan tenaga kerja saat ini di industri pertanian.

Otomatis Pertanian

Teknologi pertanian baru di pertanian modern 2

Otomasi pertanian, sering dikaitkan dengan" smart pertanian", adalah teknologi yang membuat peternakan lebih efisien dan otomatis tanaman atau siklus produksi ternak. Meningkatnya jumlah perusahaan bekerja pada inovasi robotika untuk mengembangkan drone, traktor otonom, pemanen robot, adalah pemanen otomatis, dan pembersihan otomatis, dan robot. Meskipun teknologi ini cukup baru, industri telah melihat banyaknya perusahaan pertanian tradisional mengadopsi otomasi pertanian menjadi proses mereka.

Kemajuan baru dalam teknologi mulai dari Robotika dan robot ke software visi komputer telah sepenuhnya mengubah pertanian modern. Tujuan utama dari teknologi otomasi pertanian adalah untuk menutupi lebih mudah, tugas biasa. Beberapa teknologi besar yang paling sering digunakan oleh peternakan termasuk otomasi panen, traktor otonom, penyemiraman dan drone. Teknologi otomasi pertanian membahas masalah besar seperti meningkatnya populasi global, kekurangan tenaga kerja pertanian, dan mengubah preferensi konsumen. Manfaat dari proses pertanian otomatisasi adalah monumental dengan mengatasi masalah dari preferensi konsumen, kekurangan tenaga kerja, dan jejak kaki lingkungan pertanian.

Teknologi Pertanian Ternak

Teknologi pertanian baru di pertanian modern pertanian 3

Industri ternak tradisional adalah sektor yang secara luas diabaikan dan di bawah-serviced, meskipun itu bisa dibilang yang paling penting. Ternak menyediakan banyak kebutuhan terbarukan, sumber daya alam bahwa kita mengandalkan setiap hari. Manajemen ternak secara tradisional dikenal sebagai menjalankan bisnis peternakan unggas, peternakan sapi, peternakan sapi, peternakan ternak sapi, atau karibusin lainnya. Manajer ternak harus menyimpan catatan keuangan yang akurat, mengawasi pekerja, dan memastikan perawatan yang tepat dan makan binatang. Namun, tren baru-baru ini telah membuktikan bahwa teknologi sedang merevolusi dunia manajemen ternak. Perkembangan baru dalam 8-10 tahun terakhir telah membuat perbaikan besar untuk industri yang membuat pelacakan dan mengelola ternak jauh lebih mudah dan data-driven. Teknologi ini bisa datang dalam bentuk teknologi gizi, genetika, teknologi digital, dan banyak lagi.

Teknologi ternak bisa meningkatkan kapasitas produktivitas, kesejahteraan, atau manajemen hewan dan hewan ternak.

Teknologi ternak bisa meningkatkan kapasitas produktivitas, kesejahteraan, atau manajemen hewan dan hewan ternak. Konsep 'sapi yang terhubung' adalah hasil dari ternak sapi yang semakin banyak ditambah dengan sensor untuk memantau kesehatan dan meningkatkan produktivitas. Menempatkan sensor yang dapat ditahan individu pada ternak dapat melacak aktivitas sehari-hari dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan sambil memberikan data-driven untuk seluruh kawanan. Semua data yang dihasilkan ini juga diubah menjadi wawasan yang bermakna, dapat ditindaklanjuti dimana produsen dapat melihat cepat dan mudah untuk membuat keputusan manajemen yang cepat.

Genomik hewan dapat didefinisikan sebagai studi melihat seluruh lanskap gen dari hewan hidup dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain untuk mempengaruhi hewan pertumbuhan dan perkembangan. Genomics membantu produsen ternak memahami risiko genetik ternak mereka dan menentukan keuntungan masa depan dari ternak mereka. Dengan menjadi strategis dengan pilihan hewan dan pembiakan keputusan, genomik ternak memungkinkan produsen untuk mengoptimalkan profitability dan menghasilkan ternak.

Sensor dan teknologi data memiliki keuntungan besar untuk industri ternak saat ini. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan ternak dengan mendeteksi hewan sakit dan cerdas mengenali ruang untuk perbaikan. Visi komputer memungkinkan kita untuk memiliki segala macam data yang tidak bias yang akan mendapatkan diringkas menjadi bermakna, wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Keputusan yang didorong Data mengarah ke lebih baik, lebih efisien, dan keputusan tepat yang akan memajukan produktivitas ternak.

Rumah Kaca Modern

Teknologi pertanian baru di pertanian Modern 4

Dalam beberapa dekade terakhir, Industri Rumah Kaca telah berubah dari fasilitas skala kecil yang digunakan terutama untuk penelitian dan tujuan estetika (yaitu, botanic gardens) untuk secara signifikan lebih besar fasilitas skala yang bersaing secara langsung dengan produksi makanan konvensional berbasis tanah. Gabungan, seluruh pasar rumah kaca global saat ini memproduksi hampir US $ 350 miliar dalam sayuran setiap tahun, yang Produksi AS terdiri kurang dari satu persen.

Saat ini, dalam sebagian besar karena peningkatan yang luar biasa baru-baru ini dalam perkembangan teknologi, industri ini menyaksikan sebuah mekar seperti tidak ada waktu sebelumnya. Rumah kaca hari ini adalah semakin muncul yang besar-skala, modal-menyebalkan, dan Perkotaan-pusat.

Seluruh pasar rumah kaca global saat ini memproduksi hampir US $ 350 miliar dalam sayuran setiap tahun.

Karena pasar telah berkembang secara dramatis, juga telah mengalami tren yang jelas dalam beberapa tahun terakhir. Modern greenhouses menjadi semakin berat teknologi, menggunakan lampu LED dan otomatis sistem kontrol untuk menyesuaikan lingkungan yang berkembang. Perusahaan rumah kaca yang sukses secara signifikan dan terletak fasilitas tumbuh mereka dekat hub perkotaan untuk memanfaatkan terus meningkat permintaan untuk makanan lokal, tidak peduli musim. Untuk mencapai prestasi ini, industri rumah kaca juga menjadi semakin diresapi modal, menggunakan pendanaan usaha dan sumber lain untuk membangun infrastruktur yang diperlukan untuk bersaing di pasar saat ini.

Presisi Pertanian

Teknologi pertanian baru di pertanian 5 Modern

Pertanian sedang mengalami evolusi-teknologi menjadi bagian yang sangat diperlukan dari setiap pertanian komersial. Perusahaan-perusahaan presisi baru mengembangkan teknologi yang memungkinkan para petani untuk memaksimalkan hasil pengendalian setiap variabel pertanian tanaman misalnya level kelembaban, stres hama, kondisi tanah, dan iklim. Dengan menyediakan teknik yang lebih akurat untuk menanam dan tumbuh tanaman, pertanian presisi memungkinkan petani untuk meningkatkan efisiensi dan mengelola biaya.

Perusahaan pertanian presisi telah menemukan kesempatan besar untuk tumbuh. Sebuah laporan baru-baru ini oleh Grand View Research, Inc. memprediksi presisi pasar pertanian untuk mencapai $ 43.4 miliar pada tahun 2025. The muncul generasi baru petani tertarik untuk lebih cepat, lebih fleksibel startup yang sistematis panen meningkat.


Teknologi pertanian baru di pertanian modern 6

Kemampuan Blockchain untuk melacak kepemilikan catatan dan tamper-resistensi dapat digunakan untuk memecahkan masalah penting seperti penipuan makanan, penarikan kembali, pasokan rantai makanan tidak efektif dalam sistem pangan saat ini. Struktur desentralisasi yang unik untuk memastikan produk yang diverifikasi dan praktek untuk membuat pasar untuk produk premium dengan transparansi.

Pelacakan makanan telah berada di pusat diskusi keselamatan makanan baru-baru ini, terutama dengan kemajuan baru dalam aplikasi blockchain. Karena sifat makanan tahan lama, industri makanan secara keseluruhan sangat rentan untuk membuat kesalahan yang akhirnya akan mempengaruhi kehidupan manusia. Ketika penyakit foodborne mengancam kesehatan publik, langkah pertama untuk root-menyebabkan analisis adalah untuk melacak sumber kontaminasi dan tidak ada toleransi untuk ketidakpastian.

Blockchain dapat digunakan untuk memecahkan masalah penting seperti penipuan makanan, penarikan kembali, rantai pasokan ketidakefisiensi dan traceakilitas makanan saat ini sistem makanan.

Akibatnya, pelacakan adalah penting untuk rantai pasokan makanan. Kerangka komunikasi saat ini dalam ekosistem makanan bisa dilacak karena beberapa pihak yang terlibat masih melacak informasi di atas kertas. Struktur blockchain memastikan bahwa setiap pemain sepanjang rantai nilai makanan akan menghasilkan dan aman berbagi data poin untuk membuat sistem yang dapat dilacak. Titik data yang luas dengan label yang jelas kepemilikan dapat direkam cepat tanpa perubahan apapun. Akibatnya, catatan perjalanan item makanan, dari peternakan ke meja, tersedia untuk memantau secara real-time.

Penggunaan kasus blockchain dalam makanan melampaui menjamin keselamatan makanan. Hal ini juga menambah nilai ke pasar saat ini dengan membangun buku besar di jaringan dan menyeimbangkan harga pasar. Mekanisme harga tradisional untuk pembelian dan penjualan bergantung pada penilaian para pemain yang terlibat, daripada informasi yang disediakan oleh seluruh rantai nilai. Memberikan akses ke data akan membuat gambar holistik permintaan dan penawaran. Aplikasi boockchain untuk perdagangan mungkin merevolusi perdagangan komoditas tradisional dan hedging juga. Blockchain mengaktifkan transaksi yang diverifikasi untuk dibagikan secara aman dengan setiap pemain dalam rantai pasokan makanan, menciptakan pasar dengan transparansi yang sangat besar.

Kecerdasan Buatan

Teknologi pertanian baru di pertanian modern 7

Peningkatan pertanian digital dan teknologi yang terkait telah membuka kekayaan peluang data baru. Sensor jarak jauh, satelit, dan UAV bisa mengumpulkan informasi 24 jam per hari di seluruh lapangan. Ini bisa memonitor kesehatan tanaman, kondisi tanah, suhu, kelembaban, dll. Sejumlah data sensor ini dapat menghasilkan luar biasa, dan signifikansi angka tersembunyi dalam longsoran data itu.

Idenya adalah untuk memungkinkan petani untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari situasi di tanah melalui teknologi maju (seperti remote sensing) yang dapat memberitahu mereka lebih banyak tentang situasi mereka daripada mereka dapat melihat dengan mata telanjang. Dan tidak hanya lebih akurat tetapi juga lebih cepat daripada melihatnya berjalan atau mengemudi melalui ladang.

Sensor jarak jauh memungkinkan algoritma untuk menafsirkan lingkungan sebagai data statistik yang dapat dipahami dan berguna bagi petani untuk membuat keputusan. Algoritma memproses data, beradaptasi dan belajar berdasarkan data yang diterima. Semakin inputs dan informasi statistik dikumpulkan, semakin baik algoritma akan memprediksi berbagai hasil. Dan tujuannya adalah bahwa petani dapat menggunakan kecerdasan buatan ini untuk mencapai tujuan mereka panen yang lebih baik melalui membuat keputusan yang lebih baik di lapangan.

Full Text:

PDF

References


“Budidaya Tani.” Budidaya Tani, https://www.budidayatani.com/. Accessed 27 Feb. 2021.

Biotechnology in Agriculture: Ethical Aspects and Public Acceptance. https://www.eubios.info/Papers/AGBIO.htm. Accessed 5 Mar. 2021.

Cahyaningrum, Hermawati, et al. “Intensitas dan Luas Serangan Beberapa Isolat Fusarium oxysporum f.sp. zingiberi pada Jahe Gajah.” Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia, vol. 21, no. 1, July 2017, pp. 16–22. jurnal.ugm.ac.id, doi:10.22146/jpti.17743.

Coenobita Perlatus, Strawberry Hermit Crab. https://www.sealifebase.ca/summary/Coenobita-perlatus.html. Accessed 22 Feb. 2021.

Dwilaksono, Pandu. Jenis Dan varietas Myrmecodia Tuberosa Di Tanah Air. 20 Feb. 2021, https://www.budidayatani.com/jenis-dan-varietas-myrmecodia-tuberosa.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.